PROGRAM UNGGULAN YAYASAN AL-JIHAD

program_unggulan_alquran

Berinteraksi dengan Al-Qur’an dalam Keseharian

Sebagai lembaga pendidikan Islam, Yayasan Al-Jihad memiliki program-program yang bertujuan membiasakan peserta didik untuk dekat dengan Al-Qur’an dalam keseharian. Hal ini di antaranya tertuang dalam program tadarus harian sebelum memulai dan berganti pelajaran, program tahfizh juz 30, program baca tulis Al-Qur’an (BTQ) dan tahsin, program tilawah Al-Qur’an, program khotmul Qur’an mingguan, program satu hari satu ayat, dan kajian kitab kuning untuk seluruh stakeholder yayasan Al-Jihad.

foto unggulan 4

Pembiasaan dan Bimbingan Ibadah

Keilmuan dan kesadaran untuk melaksanakan ibadah bagi seorang muslim sangatlah penting. Oleh karena itu, Yayasan Al-Jihad menyelenggarakan program yang berorientasi pada hal tersebut. Di antaranya shalat zuhur berjama’ah yang dirangkai dengan dzikir, ibadah shalat dhuha dan kultum, praktek manasik dan shalat jenazah, ziarah kubur, hafalan doa harian, dan kegiatan keputrian. Selain itu, peserta didik dibiasakan mengikuti kegiatan pembacaan shalawat, istighasah, Maulid, serta bershadaqah dan melaksanakan puasa sunnah.

Peningkatan Kemampuan Berbahasa Arab dan Inggris

Dalam menjawab tantangan zaman, kemampuan berbahasa asing bagi peserta didik menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian. Program pembiasaan ini dilaksanakan dalam bentuk formal melalui kegiatan pembelajaran di kelas atau laboratorium bahasa, maupun secara informal melalui interaksi antar sesama peserta didik di lingkungan sekolah.

program_unggulan_silat

Pengembangan Minat Bakat Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler

Yayasan Al-Jihad menyelenggarakan beragam kegiatan ekstrakulikuler di tiap satuan pendidikan sesuai usia dan tingkat perkembangan peserta didik. Ekstrakulikuler wajib adalah pramuka. Ekstrakulikuler olahraga, seperti: karate, volley, futsal, bulu tangkis, dan sepak takraw. Ekstrakulikuler seni, seperti: hadrah, marawis, qasidah, tari saman, dan drumband. Paskibra dan tata boga juga bisa menjadi ekstrakulikuler pilihan. Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk pengembangan minat dan bakat serta keterampilan peserta didik.

program_unggulan_pramuka

Pendidikan Karakter

Di antara karakter yang ingin dibentuk Yayasan Al-Jihad sesuai dengan visi Yayasan adalah peserta didik mampu memiliki sikap jujur, ikhlas, handal, arif, dan disiplin (JIHAD). Tentunya penanaman karakter ini melibatkan seluruh komponen yang ada, mulai dari peserta didik, guru dan staf, pimpinan, dan orang tua peserta didik.

program_unggulan_uks

Pembiasaan Hidup Sehat dan Teratur

Selain pengembangan keilmuan, pola hidup sehat juga dibiasakan. Di antaranya dengan kegiatan disiplin berolahraga dan makan teratur dengan gizi seimbang. Ada juga pemeriksaan kesehatan kepada peserta didik yang dilakukan pihak sekolah bekerjasama dengan unit kesehatan setempat.

program_unggulan_betawi

Apresiasi Seni dan Budaya

Yayasan Al-Jihad sepenuhnya mendukung kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan seni dan budaya. Dalam berbagai even yang diselenggarakan, apresiasi pada seni dan budaya selalu dilakukan. Beragam ekstrakulikuler kesenian, kegiatan malam pentas seni, festival dan perlombaan, serta class meeting untuk cabang-cabang seni menunjukkan komitmen Yayasan Al-Jihad. Tidak hanya seni, peserta didik juga diajarkan bagaimana menghargai dan mentradisikan nilai-nilai budaya berbasis kearifan lokal.

program_unggulan_masak

Pengabdian pada Masyarakat

Penyelenggaran pendidikan tentunya tidak bisa dipisahkan dari pengabdian pada masyarakat. Yayasan Al-Jihad  berupaya membiasakan nilai-nilai itu pada peserta didik melalui kegiatan-kegiatan yang telah terprogram. Di antaranya program muhadharah yang diharapkan mampu membekali peserta didik untuk berperan di lingkungannya masing-masing. Program kerja bakti pembersihan lingkungan yang dilaksanakan secara serentak, dan turut aktif dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Menu